Bagi Anda mahasiswa UGM yang memiliki user dan password email UGM, Anda dapat mempergunakan user dan password email UGM tersebut untuk menyimpan data Anda di cloud storage SIMPAN UGM yang beralamat di http://simpan.ugm.ac.id. Untuk cara penggunaannya silahkan masuk website http://simpan.ugm.ac.id dan masukkan username dan password email UGM Anda, lalu akan terlihat tampilan sebagai berikut :

Dari sana Anda dapat mengupload data Anda untuk disimpan di dalam web SIMPAN UGM. Untuk beberapa menu silahkan pelajari  dan eksplorasi sendiri. Sebagai informasi, SIMPAN UGM menyediakan cloud storage dengan kapasitas yang cukup besar, yaitu sebesar 7 GB.

Keuntungan yang diperoleh jika data disimpan di SIMPAN UGM ini adalah data dapat diakses kapanpun dan dimana saja selama ada jaringan internet sehingga akan mempermudah Anda saat lupa tidak membawa flashdisk ataupun eksternal hardisk. Selain itu jika Anda saat ini sedang menjalani penelitian untuk membuat skripsi, tesis maupun disertasi, namun jika data Anda disimpan di flashdisk dan takut beresiko terkena virus saat Anda pergunakan tukar data dengan rekan, alangkah baiknya secara berkala data Anda simpan di SIMPAN UGM sebagai backup, sehingga data akan tersimpan di cloud storage dengan aman, dan dapat Anda download kembali jika flashdisk Anda terformat atau hilang.

Dengan fasilitas SIMPAN UGM juga akan mempermudah share data dengan rekan lain, namun tidak akan mempengaruhi kondisi data asli  Anda, saat didownload rekan yang ternyata komputer yang dipergunakan untuk mengakses data yang Anda share tersebut terkena virus, hal ini tidak berlaku jika Anda share data ke teman dengan menggunakan flashdisk (virus akan menyerang flashdisk Anda dan akan menyebar ke komputer lain yang Anda pergunakan untuk mengakses flashdisk tersebut). Dengan catatan data asli sebelum dishare harus terbebas dari virus.

Untuk artikel berikutnya akan dibahas cara mengsinkronisasi aplikasi OwnCloud dengan web SIMPAN UGM sehingga dapat Anda buka dengan mudah layaknya dropbox, dan mudah dapat Anda tambahkan file, hapus file dan modifikasi file lainnya dengan komputer, laptop bersistem operasi linux, apple maupun windows, serta dapat juga diakses di tablet PC atau smartphone Anda yang bersistem operasi iOs (iphone, ipod, ipad) ataupun android.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *